Main Menu

Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Our school

Pernah berpikir untuk mencoba menggunakan internet dalam pembelajaran Bapak dan Ibu Guru pada mata pelajaran yang diampu di kelas? Oh, atau barangkalai Bapak dan Ibu Guru sudah pernah melakukannya? Atau bahkan sering sekali mengajak siswa belajar dengan menggunakan internet? Bagaimanakah sebenarnya pembelajaran siswa dengan menggunakan internet itu? Tulisan berikut akan mencoba menguraikan beberapa aspek penting yang dapat diperoleh dari pembelajaran dengan menggunakan fasilitas internet.

Saat ini, koneksi internet tidak lagi terlalu mahal untuk dijangkau sekolah-sekolah kita. Bahkan ada layanan gratis juga dari penyedia jasa seperti telkom untuk sekolah-sekolah. Penggunaan wifi pun sudah lagi barang mewah. Jadi pembahasan tentang penggunaan internet di kelas untuk pembelajaran siswa ini bukanlah sesuatu yang terlalu jauh dari jangkauan Bapak dan Ibu Guru bukan? Lalu bagaimanakah sebenarnya pembelajaran dengan menggunakan internet itu.?

Siswa kita di sekolah-sekolah saat ini sudah begitu akrab dengan internet. Melalui handphone di tangan mereka, dengan berbekal paket data yang bisa dipilih berdasarkan kemampuan kantong mereka, dengan cepat mereka akan mengakses informasi yang dibutuhkan. Alagi jika pihak sekolah menyediakan fasilitas wifi (wireless fidelity) secara cuma-cuma dan dengan mudah diakses dari semua bagian sudut dan lokasi sekolah. Sayang sekali kalau disia-siakan. Penggunaan internet untuk pembelajaran sudah merupakan hal yang lumrah dan banyak membantu guru, serta membuat siswa dengan cepat menemukan informasi-nformasi yang diperlukan.

 Lalu bagaimanakah caranya menggunakan internet dalam pembelajaran di kelas? Beberapa cara adalah dengan:

1.       Memancing siswa untuk secara simultan melakukan eksplorasi informasi lewat intenet, semisal melalui pertanyaan-pertanyaan.

2.       Meminta siswa mengunjungi suatu atau beberapa website atau blog yang menyajikan informasi terkait pembelajaran yang dilaksanakan di kelas, yang sebelumnya telah dicek oleh guru.

3.       Yang lebih baik lagi adalah dengan memberikan semacam stimulus atau sekedar batasan topik, atau memunculkan permasalahan untuk dipecahkan siswa dalam sebuah pembelajaran, sehingga tidak ada arahan mereka harus pergi ke suatu situs web tertentu, atau karena harus menjawab pertanyaan tertentu, tetapi eksplorasi di internet lebih karena kebutuhan siswa tersebut akan informasi untuk riset yang mereka tentukan sendiri.

Back to top